THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 14 Januari 2009

Tujuh pioritas Pembangunan KALBAR , Penuhi Kebutuhan Pasar

Memenuhi visi dan misinya pada saat kampanye, Gubernur Kalbar Cornelis menetapkan tujuh prioritas pembangunan, yaitu peningkatan :
(1) derajat kesejahteraan masyarakat,
(2) kecerdasan sumber daya manusia,
(3) derajat kesehatan masyarakat,
(4) sumber daya aparatur dan pelayanan publik,
(5) pembangunan infrastruktur dasar,
(6) kemampuan pembiayaan pembangunan, dan
(7) pemerataan pembangunan, keadilan, aman, damai dan ketahanan budaya.

Ketujuh prioritas pembangunan tersebut dikatakannya sebagai upaya dan strategi membangun Kalbar yang memiliki keunikan dibanding dengan provinsi lainnya, yaitu sebagai wilayah yang memiliki perbatasan darat, laut dan udara dengan negara Malaysia, disamping ciri penyebaran penduduk yang tidak merata termasuk yang berdiam di kepulauan kecil di Kalbar.
Adapun sasaran utama dari prioritas tersebut adalah terpenuhinya kebutuhan dasar bagi masyarakat, dengan pertimbangan mustahil jika berbicara pembangunan dan kesejahteraan kalau masyarakat tidak makan, tidak sehat serta tidak berpendidikan. Oleh karea itu Gubernur minta agar prioritas tersebut segera dijabarkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2008 – 2013, sebagai acuan dalam pelaksanaan, pengendalian dan evaluasinya.

Cornelis juga menghimbau kepada seluruh Bupati/Walikota di Kalbar bersedia menata ulang batas dan jenis kewenangan yang diberikan kepada Camat untuk disesuaikan dengan letak geografis dari wilayah masing-masing. Ditambahkan olehnya bahwa dalam pelaksanaan pembangunan diberbagai daerah ada tiga kategori pembagian wilayah, yaitu wilayah pantai, pedalaman dan perbatasan serta kepulauan dan pesisir. Selanjutnya program harus dirumuskan dan diaplikasikan sesuai kebutuhan wilayah masing-masing.


1 komentar:

LEMBAGA BINA MASYARAKAT DESA mengatakan...

Pendidikan? Kita Dayak sangat mundur sekali.